Sabtu, 12 Maret 2011

MARGA-MARGA DI NEGERI TULEHU BAGIAN I

MARGA-MARGA yang ada di NEGERI TULEHU tidak datang secara serentak tetapi secara bergelombang dan dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok yaitu :

 
1. KELOMPOK ADAT

UMARELLA (ASEL)
TEHUHATUELLA (RESSY)
TEHUPELASURY (TERRY)
NAHUMARURY (EY)
 
Kelompok Pertama ini dinamakan KELOMPOK ADAT disebabkan jabatan yang mereka sandang adalah jabatan adat pada pemerintahaan adat yaitu PARA LATU (seperti diterangkan pada artikel sebelumnya).

 
UMARELLA (ASEL)

MARGA UMARELLA dengan RUMATAU ASEL ini terbagi menjadi dua bahagian juga yaitu :
UMARELLA (TANAH LISA)
UMARELLA (HALONG)

 
UMARELLA (TANAH LISA)

UMARELLA (TANAH LISA) juga terbagi menjadi tiga bahagian juga yaitu :
UMARELLA (TANAH LISA) (KETURUNAN UPU LATU NUSA HUHUIN)
UMARELLA (TANAH LISA) (PERANG HITU)
UMARELLA (TANAH LISA) (PERANG ALAKA)

 
UMARELLA (TANAH LISA) (KETURUNAN UPU LATU NUSA HUHUIN)
 
UMARELLA (TANAH LISA) (KETURUNAN UPU LATU NUSA HUHUIN) adalah UMARELLA (TANAH LISA) keturunan langsung dari UPU LATU NUSA HUHUIN yang mendirikan NEGERI TULEHU dan sekaligus merupakan penguasa di NEGERI TULEHU. MARGA UMARELLA (TANAH LISA) (KETURUNAN UPU LATU NUSA HUHUIN) ini yang berhak secara turun-temurun menjadi pemimpin di negeri yang dibangun oleh moyang mereka UPU LATU NUSA HUHUIN karena mereka adalah keturunan asli NEGERI TULEHU. Mereka ini pemegang adat untuk NEGERI TULEHU secara umum dan pemegang adat untuk MARGA UMARELLAUMARELLA (TANAH LISA) (LATU). secara khusus dan juga dikenal dengan sebutan

 
UMARELLA (TANAH LISA) (PERANG HITU)

MARGA UMARELLA (TANAH LISA) (PERANG HITU) ini bukan keturunan UPU LATU NUSA HUHUIN tetapi moyang mereka ini berasal dari PEMERINTAHAAN HITU dengan MARGA PELLU dan bukan keturunan asli dari NEGERI TULEHU. Keturunan ini tidak berhak menduduki posisi-posisi ADAT NEGERI TULEHU tetapi mereka hanya sebagai pendengar dan penurut ADAT NEGERI TULEHU maupun ADAT RUMATAU ASEL yang mereka sandang. Keturunan ini sampai memakai MARGA UMARELLA (TANAH LISA) pemberian atas jasa-jasa moyang mereka dalam membantu UPU LATU NUSA HUHUIN di medan laga sewaktu PERANG HITU. Dan ketika PEMERINTAHAAN HITU jatuh ke tangan penjajah moyang mereka lari ke NEGERI TULEHU dan mengganti MARGA PELLU mereka menjadi MARGA UMARELLA.

 
UMARELLA (TANAH LISA) (PERANG ALAKA)

UMARELLA (TANAH LISA) (PERANG ALAKA) ini tidak jauh berbeda dengan UMARELLA TANAH LISA (PERANG HITU), pada PERANG ALAKA bala tentara dari MALUKU UTARA membantu UPU LATU NUSA HUHUIN di medan laga PERANG ALAKA sehingga setelah peperangan itu usai mereka tidak lagi kembali ke MALUKU UTARA tetapi mereka memutuskan menetap di NEGERI TULEHU dan memakai MARGA UMARELLA yang ditandai dengan tanda UMARELLA PERANG ALAKA. Mereka ini pun tidak berhak duduk dalam struktur ADAT NEGERI TULEHU maupun ADAT RUMATAU ASEL tetapi mereka hanya sebagai pendengar dan penurut semua keputusan RUMATAU ASEL ataupun keputusan NEGERI TULEHU.

 
UMARELLA (HALONG)

MARGA UMARELLA dengan tanda HALONG ini bukan keturunan UPU LATU NUSA HUHUIN dan bukan ANAK ASLI NEGERI TULEHU, keturunan ini mempunyai beberapa tanda yang sengaja disematkan kepada keturunan yang satu ini diantaranya HALONG, SEUHEU dan SAHUSIHASOMI. SAHU = Melangkah Datang, SIHA = Membuka Makanan Yang Disediakan dan SOMI = Tidak Tahu Malu Padahal Tuan Rumah Belum Mempersilahkan, jadi SAHUSIHASOMI mempunyai arti tidak punya rasa malu mengambil milik orang lain sama dengan serakah. Kedatangan moyang keturunan UMARELLA HALONG ini ke NEGERI TULEHU setelah runtuhnya PEMERINTAHAAN NUSA AY/PEMERINTAHAAN NUSA NIVE. Moyang keturunan ini sebernarnya BERMARGA PATTINAILAY. Keturunan ini juga dilarang terlibat didalam ADAT NEGERI TULEHU dan ADAT RUMATAU ASEL. Mereka ini hanya sebagai pendengar dan mematuhi semua ADAT yang berlaku di NEGERI TULEHU dan ADAT RUMATAU ASEL.
 

TEHUHATUELLA (RESSY)

Bersambung...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar